1.
Head-up
Displays System
Sebuah head-up display systems, atau
disingkat HUD, adalah suatu tampilan transparan yang menyajikan data
tanpa mengharuskan pengguna untuk melihat dari sudut pandang biasa mereka. Asal
usul nama ini berasal dari pilot yang dapat melihat informasi dengan kepala
“dinaikkan” dan melihat ke depan, bukan memandang sudut bawah untuk melihat ke
instrumen yang lebih rendah. Meskipun HUD pada awalnya dikembangkan untuk
penerbangan militer, HUD sekarang telah digunakan dalam pesawat komersial,
mobil, dan aplikasi lainnya.
Generasi pertama (CRT)
CRT (Cathode Ray Tube) menampilkan image di layar fosfor, namun teknologi
ini tak bertahan lama karena layar fosfor akan menurun kualitasnya dari waktu
ke waktu karena mayoritas user sekarang menggunakan monitor mereka setiap waktu
(non stop).
Generasi kedua (LCD)
Liquid Crystal Display (Tampilan kristal cair) juga
dikenal sebagai LCD adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal
cair sebagai penampil utama. Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat banyak
sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai
sebuah titik cahaya namun kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri.
Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di
bagian belakang susunan kristal cair tadi. Titik cahaya yang jumlahnya puluhan
ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair
yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan
magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna
diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring. sistem ini tidak meredup atau
butuh spaning tinggi. sistem ini telah diterapkan di pesawat udara komersial.
Generasi ketiga
Menggunakan sistem gelombang optic untuk
memproduksi image secara langsung di dalam kombinator dan sistem ini lebih baik
daripada sistem proyeksi.
Generasi keempat
Menggunakan scanning sinar laser untuk menampilkan
image dan bahkan tampilan video kedalam media transparansi tembus cahaya. Teknologi
yang lebih baru yaitu micro-display imaging. Teknologi ini sedang dikembangkan,
yaitu teknologi dengan tampilan hablur cair yang ramah lingkungan dan hemat
energy seperti OLED (organik light-emitting diode).
2. Tongible User Interface
Tangible
User Interface (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna di mana seseorang
berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI
adalah salah satu teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan sistem digital
melalui manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas sistem
tersebut. Nama awal dari TUI adalah Graspable User Interface (GUI), yang tidak
lagi digunakan.
Ide dari TUI
adalah untuk memiliki hubungan langsung antara sistem dan cara anda mengontrol
melalui manipulasi fisik dengan memiliki makna yang mendasar atau hubungan
langsung yang menghubungkan manipulasi fisik ke perilaku yang mereka picu pada
sistem.
Karakteristik
TUI:
1.
Representasi fisik komputasi digabungkan dengan informasi digital yang
mendasari.
2.
Representasi fisik mewujudkan mekanisme kontrol interaktif.
3.
Representasi fisik perseptual digabungkan dengan representasi digital secara
aktif dimediasi.
4. Keadaan
fisik tangibles mencakup aspek kunci dari negara digital sistem
Salah satu pionir dalam user interface yang nyata adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media Laboratory yang mengepalai Tangible Media Group. visi tertentu Nya bagi Tangible UIS adalah Bits Tangible, yiatu memberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit-bit nya dapat di maniplulasi secara langsung dan terlihat jelas. Tangible bits mengejar kesamaan antara dua dunia yang sangat berbeda yaitu dari bit dan atom.
Salah satu pionir dalam user interface yang nyata adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media Laboratory yang mengepalai Tangible Media Group. visi tertentu Nya bagi Tangible UIS adalah Bits Tangible, yiatu memberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit-bit nya dapat di maniplulasi secara langsung dan terlihat jelas. Tangible bits mengejar kesamaan antara dua dunia yang sangat berbeda yaitu dari bit dan atom.
Jadi secara
harfiah nya tangible user interface (TUI) adalah sebuah system digital yang
membuat sebuah benda menjadi nyata,dapat di sentuh di raba dan memiliki bentuk.
Penerapan
Tangible User Interface
- Mouse
Salah satu
penerapan TUI yang paling sederhana adalah pada mouse. Menyeret mouse melalui
permukaan datar dan gerakan pointer pada layar yang sesuai merupakan cara
berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi objek fisik. Gerakan yang
dibuat dengan perangkat tersebut memiliki hubungan yang jelas dengan perilaku
yang dipicu sistem, misalnya misalnya pointer bergerak naik ketika Anda
memindahkan mouse maju. Teknologi ini membuat menjadi sangat mudah untuk
menguasai perangkat input dengan bantuan sedikit koordinasi tangan dan mata.
- Siftables
merupakan
perangkat kecil dari proyek awal di MT Media Lab yang memiliki bentuk
menyerupai batu bata kecil yang mempunyai interface. Shiftable memiliki jumlah
lebih dari satu dan mampu berkomunikasi serta berinteraksi satu sama lain
tergantung pada posisinya. Shiftable yang terpisah tahu kapan shiftable lain
berada di dekat mereka dan bereaksi sesuai dengan permainan user.
- Reactable
Reactable
adalah alat musik yang dirancang dengan keadaan teknologi seni untuk
memungkinkan musisi (dan lainnya) untuk bereksperimen dengan suara dan
menciptakan musik yang unik.
Instrumen
ini didasarkan pada meja bundar tembus dan bercahaya di mana satu set pucks
dapat ditempatkan. Dengan menempatkan mereka di permukaan (atau membawa mereka
pergi), dengan memutar mereka dan menghubungkan mereka satu sama lain, pemain
dapat menggabungkan unsur-unsur yang berbeda seperti synthesizer, efek, loop sampel
atau elemen kontrol dalam rangka menciptakan komposisi yang unik dan fleksibel.
Begitu
setiap keping ditempatkan di permukaan, keping itu diterangi dan mulai
berinteraksi dengan keping lain, menurut posisi dan kedekatannya. Interaksi ini
terlihat pada permukaan meja yang bertindak sebagai layar, memberikan umpan
balik instan tentang apa yang sedang terjadi di Reactable, mengubah musik ke
dalam sesuatu yang terlihat dan nyata.
- Microsoft
Surface
merupakan
sebuah teknologi dengan layar multi sentuh yang memungkinkan pengguna untuk
berinteraksi dengan built in system pada waktu yang sama. Yang menjadi
perhatian adalah hal tersebut bereaksi tidak hanya ketika disentuh, tetapi
teknologi ini juga dapat mengenali objek yang ditempatkan diatasnya dan dapat
mengatur sendiri perilaku yang terkait dengan benda-benda serta bagaimana kita
dapat memanipulasinya.
- Marble
Answering Machine
Contoh lain
dari Tangiable User Interface adalah Marble Answering Machine (Mesin Penjawab
Marmer) oleh Durrell Uskup (1992). Marmer merupakan suatu pesan yang
ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan marmer ke piring pemutar,lalu
memutar ulang pesan yang terkait.
- Sistem
Topobo
Blok di Topobo seperti blok LEGO yang bisa diambil bersama-sama, tetapi
juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen bermotor. Seseorang dapat
mendorong, menarik, dan memutar blok-blok, dan blok-blok bisa menghafal
gerakan-gerakan ini dan menggulang kembali gerakan-gerakan tersebut.
Pelaksanaan lain memungkinkan pengguna untuk sketsa gambar di atas meja sistem
dengan pena yang nyata nyata. Menggunakan gerakan tangan, pengguna dapat
mengkloning gambar dan peregangan dalam sumbu X dan Y hanya sebagai salah satu
program yang akan di cat. Sistem ini akan mengintegrasikan kamera video dengan
sistem pengenalan isyarat.
Sulit untuk melacak dan mengabaikan jumlah yang berkembang pesat dari semua
sistem dan alat, akan tetapi sebagian besar dari vendor tampaknya hanya
memanfaatkan teknologi yang tersedia dan terbatas dengan beberapa eksperimen
awal dan melakukan tes dengan beberapa ide dasar atau hanya mereproduksi sistem
yang telah ada. Beberapa dari vendor berkiprah pada interface dan dikerahkan
pada ruang publik atau lebih cenderung dalam instalasi seni.
3. Computer Vision
Computer Vision adalah ilmu dan
teknologi mesin yang melihat, di mana mesin mampu mengekstrak informasi dari
gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Sebagai suatu
disiplin ilmu, visi komputer berkaitan dengan teori di balik sistem
buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar. Data gambar dapat mengambil banyak
bentuk, seperti urutan video, pandangan dari beberapa kamera, atau data
multi-dimensi dari scanner medis. Sedangkan sebagai disiplin teknologi,
computer vision berusaha untuk menerapkan teori dan model untuk pembangunan
sistem computer vision.
Computer Vision didefinisikan sebagai salah satu
cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana komputer dapat mengenali
obyek yang diamati. Cabang ilmu ini bersama Artificial Intelligence akan mampu
menghasilkanVisual Intelligence System. Perbedaannya adalah Computer Vision lebih mempelajari bagaimana komputer dapat
mengenali obyek yang diamati. Namun komputer
grafik lebih ke arah pemanipulasian gambar (visual) secara digital.
Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian
berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pola.
Grafik komputer sering dikenal dengan istilah visualisasi data.
Computer Vision adalah kombinasi antara :
- Pengolahan Citra (Image Processing), bidang yang berhubungan dengan proses transformasi citra/gambar (image). Proses ini bertujuan untuk mendapatkan kualitas citra yang lebih baik.
- Pengenalan Pola (Pattern Recognition), bidang ini berhubungan dengan proses identifikasi obyek pada citra atau interpretasi citra. Proses ini bertujuan untuk mengekstrak informasi/pesan yang disampaikan oleh gambar/citra.
Hubungan dari kombinasi
tersebut dapat dilihat pada gambar berikut :
Fungsi / Proses pada Computer Vision
Untuk menunjang tugas Computer Vision, terdapat
beberapa fungsi pendukung ke dalam sistem ini, yaitu :
- Proses penangkapan citra (Image Acquisition)
- Image Acqusition pada manusia dimulai dengan mata, kemudian informasi visual diterjemahkan ke dalam suatu format yang kemudian dapat dimanipulasi oleh otak.
- Senada dengan proses di atas, computer vision membutuhkan sebuah mata untuk menangkap sebuah sinyal visual.
- Umumnya mata pada computer vision adalah sebuah kamera video.
- Kamera menerjemahkan sebuah scene atau image.
- Keluaran dari kamera adalah berupa sinyal analog, dimana frekuensi dan amplitudonya (frekuensi berhubungan dengan jumlah sinyal dalam satu detik, sedangkan amplitudo berkaitan dengan tingginya sinyal listrik yang dihasilkan) merepresentasikan detail ketajaman (brightness) pada scene.
- Kamera mengamati sebuah kejadian pada satu jalur dalam satu waktu, memindainya dan membaginyamenjadi ratusan garis horizontal yang sama.
- Tiap‐tiap garis membuat sebuah sinyal analog yang amplitudonya menjelaskan perubahan brightness sepanjang garis sinyal tersebut.
- Kemudian sinyal listrik ini diubah menjadi bilangan biner yang akan digunakan oleh komputer untuk pemrosesan.
- Karena komputer tidak bekerja dengan sinyal analog, maka sebuah analog‐to‐digital converter (ADC), dibutuhkan untuk memproses semua sinyal tersebut oleh komputer.
- ADC ini akan mengubah sinyal analog yang direpresentasikan dalam bentuk informasi sinyal tunggal ke dalam sebuah aliran (stream) sejumlah bilangan biner.
- Bilangan biner ini kemudian disimpan di dalam memori dan akan menjadi data raw yang akan diproses.
- Proses pengolahan citra (Image Processing)
- Tahapan berikutnya computer vision akan melibatkan sejumlah manipulasi utama (initial manipulation) dari data binary tersebut.
- Image processing membantu peningkatan dan perbaikan kualitas image, sehingga dapat dianalisa dan di olah lebih jauh secara lebih efisien.
- Image processing akan meningkatkan perbandingan sinyal terhadap noise (signal‐to‐noise ratio = s/n).
- Sinyal‐sinyal tersebut adalah informasi yang akan merepresentasikan objek yang ada dalam image.
- Sedangkan noise adalah segala bentuk interferensi, kekurangpengaburan, yang terjadi pada sebuah objek.
- Analisa data citra (Image Analysis)
- Image analysis akan mengeksplorasi scene ke dalam bentuk karateristik utama dari objek melalui suatu proses investigasi.
- Sebuah
program komputer akan mulai melihat melalui bilangan biner yang
merepresentasikan informasi visual untuk mengidentifikasi fitur‐fitur spesifik
dan
karekteristiknya. - Lebih khusus lagi program image analysis digunakan untuk mencari tepi dan batas‐batasan objek dalam image.
- Sebuah tepian (edge) terbentuk antara objek dan latar belakangnya atau antara dua objek yang spesifik.
- Tepi ini akan terdeteksi sebagai akibat dari perbedaan level brightness pada sisi yang berbeda dengan salah satu batasnya.
- Proses pemahaman data citra (Image Understanding)
- Ini adalah langkah terakhir dalam proses computer vision, yang mana sprsifik objek dan hubungannya diidentifikasi.
- Pada bagian ini akan melibatkan kajian tentang teknik-teknik artificial intelligent.
- Understanding berkaitan dengan template matching yang ada dalam sebuah scene.
- Metoda ini menggunakan program pencarian (search program) dan teknik penyesuaian pola (pattern matching techniques).
Contoh aplikasi dari Computer Vision
Beberapa aplikasi yang dihasilkan dari Computer
Vision antara lain :
1. Psychology, AI – exploring representation and
computation in natural vision
2. Optical Character Recognition – text reading
3. Remote Sensing – land use and environmental monitoring
4. Medical Image Analysis – measurement and interpretation of many types of images
5. Industrial Inspection – measurement, fault checking, process control
6. Robotic – navigation and control
2. Optical Character Recognition – text reading
3. Remote Sensing – land use and environmental monitoring
4. Medical Image Analysis – measurement and interpretation of many types of images
5. Industrial Inspection – measurement, fault checking, process control
6. Robotic – navigation and control
4. Browsing Audio Data
Browsing
Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing
video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Sebuah komputer lokal
digabungkan ke LAN (local area network) untuk mendeteksi IP kamera. Jaringan
video / audio metode browsing mencakupi langkah-langkah sebagai berikut :
@
Menjalankan sebuah program aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan kode
identifikasi yang disimpan dalam kamera IP.
@ Transmisi
untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name Server) oleh
program aplikasi.
@
Mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi sehingga
pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera IP pribadi alamat dan
alamat server pribadi compile ke layanan server melalui alamat server pribadi
sehingga untuk mendapatkan video / audio data yang ditangkap oleh kamera IP,
dimana server layanan menangkap video / audio data melalui Internet.
Browsing
audio data tidak semudah browsing dokumen cetak, karena adanya sifat temporal
suara. Ketika melakukan browsing terhadap dokumen, kita dapat dengan cepat
mengalihkan fokus perhatian dengan membaca sepintas isi dari dokumen tersebut.
Kita dapat mengetahui ukuran dan struktur dokumen, dan menggunakan memori
spasial visual untuk mengingat dan mencari spesifik topik. Namun, ketika
browsing suatu rekaman audio, kita harus berulang kali memainkan dan melompati
bagian tertentu, tanpa memainkannya, kita tidak bisa menyadari suara atau
isinya. Kita harus mendengarkan semua stream audio untuk dapat menangkap semua
isinya.
Beberapa
bentuk informasi yang dapat dicari (browsed) melalui internet, yaitu:
informasi berupa teks (text/plain, text/html), image (image/gif, image/jpeg,
image/png), video (video/mpeg, video/quicktime), audio (audio/basic, audio/wav)
dan application (application/msword, application/octet-stream)
5. Speech Recognition
Pengenalan
ucapan atau pengenalan wicara—dalam istilah bahasa Inggrisnya, automatic
speech recognition (ASR)—adalah suatu pengembangan teknik dan sistem yang
memungkinkan komputer untuk menerima masukan berupa kata yang
diucapkan. Teknologi ini memungkinkan suatu perangkat untuk mengenali dan
memahami kata-kata yang diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal
digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang tersimpan dalam
suatu perangkat. Kata-kata yang diucapkan diubah bentuknya menjadi sinyal
digital dengan cara mengubah gelombang suara menjadi sekumpulan angka yang
kemudian disesuaikan dengan kode-kode tertentu untuk mengidentifikasikan
kata-kata tersebut. Hasil dari identifikasi kata yang diucapkan dapat
ditampilkan dalam bentuk tulisan atau dapat dibaca oleh perangkat teknologi
sebagai sebuah komando untuk melakukan suatu pekerjaan, misalnya penekanan
tombol pada telepon genggam
yang dilakukan secara otomatis dengan komando suara.
Alat
pengenal ucapan, yang sering disebut dengan speech recognizer,
membutuhkan sampel kata sebenarnya yang diucapkan dari pengguna. Sampel kata
akan didigitalisasi, disimpan dalam komputer, dan kemudian digunakan sebagai basis
data dalam mencocokkan kata yang diucapkan selanjutnya. Sebagian besar alat
pengenal ucapan sifatnya masih tergantung kepada pembicara. Alat ini
hanya dapat mengenal kata yang diucapkan dari satu atau dua orang saja dan
hanya bisa mengenal kata-kata terpisah, yaitu kata-kata yang dalam
penyampaiannya terdapat jeda antar kata. Hanya sebagian kecil dari peralatan
yang menggunakan teknologi ini yang sifatnya tidak tergantung pada pembicara.
Alat ini sudah dapat mengenal kata yang diucapkan oleh banyak orang dan juga
dapat mengenal kata-kata kontinu, atau kata-kata yang dalam penyampaiannya
tidak terdapat jeda antar kata.
Pengenalan
ucapan dalam perkembangan teknologinya merupakan bagian dari pengenalan suara
(proses identifikasi seseorang berdasarkan suaranya). Pengenalan suara sendiri
terbagi menjadi dua, yaitu pengenalan pembicara (identifikasi suara berdasarkan
orang yang berbicara) dan pengenalan ucapan (identifikasi suara berdasarkan
kata yang diucapkan).
6. Speech Synthtesis
Speech synthesis
adalah sebuah kemampuan bicara manusia yang dibuat oleh manusia (artificial).
Sebuah sistem komputer digunakan untuk tujuan ini yang disebut sebagai speech
synthesizer, dan dapat diimplementasikan ke dalam software atau hardware.
Sebagai contoh sebuah sistem text-to-speech (TTS) yang dapat mengkonversikan
teks dengan bahasa biasa menjadi suara.
Synthesized
speech dapat diciptakan dengan menggabungkan beberapa potongan-potongan dari
pembicaraan/pidato yang sudah direkam dalam sebuah basis data. Kualitas dari
sebuah speech synthesizer dilihat dari kemiripannya dengan suara manusia dan
kemampuannya untuk bisa dipahami. Program TTS yang jelas dapat membantu orang
dengan gangguan visual atau ketidakmampuan membaca, untuk mendengarkan pada
pekerjaan yang tertulis dalam komputer. Banyak Sistem Operasi komputer yang
telah dimasukkan speech synthesizer sejak tahun 1980-an.
Teknologi
Speech Synthesis
Yang paling
penting dalam kualitas sistem speech synthesis adalah kealamian dan
kejelasannya. Kealamaian menjelaskan bagaimana dekatnya suara output dengan
suara manusia, sementara kejelasan adalah dengan kemudahan di mana output
tersebut dapat dipahami. Speech synthesizer yang ideal adalah yang alami dan
jelas. Sistem speech synthesis biasanya mencoba untuk memaksimalkan kedua
karakteristik.
Dua
teknologi utama dalam pembuatan gelombang suara synthetic speech adalah
Concatenative Synthesis dan Formant Synthesis. Setiap teknologi mempunyai
kekuatan dan kelemahannya, dan penggunaan yang ditujukan dari sistem synthesis
akan menentukkan pendekatan mana yang digunakana.
Concatenative
Synthesis
Concantenative
synthesis didasarkan dengan penggabungan dari segmen-segmen dari pembicaraan
yang sudah direkam. Secara umum, concatenative synthesis memproduksi
synthesized speech dengan suara yang paling alami. Tetapi, perbedaan antara
variasi alami dalam pembicaraaan dan sifat dari teknik otomasi untuk
pensegmentasian gelombang suara terkadang menghasilkan kesalahan suara dalam
output.
Formant
Synthesis
Formant synthesis
tidak menggunakan pembicaraan manusia sebagai sample pada runtime. Daripada
itu, synthesized speech yang dihasilkan dibuat dengan additive synthesis dan
sebuah model akustik (physical modelling synthesis). Parameter seperti
frekuensi dasar, penyuaraan, dan tingkat kebisingan di variasikan dari waktu ke
waktu untuk menciptakan gelombang buatan (artificial) dari sebuah pembicaraan.
Banyak sistem yang berdasarkan formant synthesis menciptakan pembicaraan yang
seperti robot yang tidak mungkin dapat dikenal sebagai suara manusia. Tetapi,
kealamian maksimum bukan selalu tujuan dari sebuah sistem speech synthesis, dan
sistem formant synthesis mempunyai keuntungan dari sistem concatenative.
Pembicaraan yang di-formant synthesis-kan dapat menjadi sangat jelas, bahkan
dalam kecepatan yang tinggi, sehingga menghindari kesalahan suara yang sering
dialami sistem concatenative. Formant synthesis biasanya program yang lebih
kecil dari concatenative sistem karena ia tidak menggunakan basis data dari
sampel-sampel pembicaraan. Oleh karena itu formant synthesis dapat ditanamkan
dalam sistem yang mempunyai memory dan microprosesor yang terbatas. Karena
sistem yang berdasarkan formant mempunyai kendali penuh dari sluruh aspek dari
hasil pembicaraan, variasi yang luas dari prosodi dan intonasi dapat
dihasilkan, menyampaikan tidak hanya pertanyaan dan pernyataan tetapi juga
emosi dan nada suara.
sumber:
http://riyandari.blogspot.com/2011/11/tangible-user-interface.html
https://eziekim.wordpress.com/2011/11/23/computer-vision/
http://ranggaadhityap.blogspot.com/2011/11/speech-synthesis.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Pengenalan_ucapan
https://freezcha.wordpress.com/2010/11/16/browsing-audio-data/
No comments:
Post a Comment