Berkembangnya
ilmu teknologi di dunia termasuk Indonesia yang terus mengikuti perkembangan
teknologi. Hampir semua masyarakat Indonesia pun mengikuti dan menggunakan
teknologi yang ada termasuk dalam hal komunikasi. Sebelum jauh – jauh saya
jelaskan tentang Contoh proses Transaksi penjualan melalui HP yang awalnya
hanya sebagai media untuk komunikasi, tetapi sekarang di kembangkan juga
aplikasi – aplikasi pendukung seperti aplikasi pada HP brand Blackberry yang
mengadakan fitur BBM atau Blackbarry Messenger yang berfungsi untuk Chat/
berbincang singkat secara cepat, tetapi sekarang di manfaatkan untuk media
berjualan lkarna kita sebagai penjual dapat menampilkan Foto Barang yang kita
jual secara mudah dan cepat, konsumen yang menjadi anggota BBM kita dapat
melihat secara mudah foto – foto product yang kita jual, jika tertarik hanya
tinggal chat/ ngobrol dan bertransaksi dengan cepat. Transaksi di lakukan
dengan terlebih dahulu transfer sejumlah uang yang telah di sepakati melalui
media Perbankan yang telah di pilih dan mengrimkan bukti transfer yang telah
dikirim dengan tertera sejumlah uang dan nama tujuan pengiriman uang.
Setelah itu penjual mempersiapkan barang yang
diinginkan pembeli untuk di kirim melalui jasa pengriman barang, setelah itu
selesai transaksi penjualan. Transaksi ini mudah dan menguntungkan dimana
Penjual tidak perlu mengeluarkan modal banyak untuk menyewa kios/toko tempat
berjualan, hanya dengan mengeluarkan uang laganan service internet. Keuntungan
untuk pembeli, mereka tidak perlu jauh – jauh berpergian untuk mencari barang
yang mereka inginkan karna hanya perlu memesan dan barang akan di kirim ke
rumah mereka.
Internet pada masa sekarang ini sudah merupakan kebutuhan pokok, kita dapat memperoleh berbagai macam informasi, berbelanja online, online banking, online marketing, online affiliate, sosialisasi online, kuliah online, online advertising dll. Sebagai contoh situs online banking yang sedang naik daun adalah www.paypal.com sedang situs online shopping dan online marketplaces adalah www.ebay.com dan www.amazon.com yang menjual barang dari mulai barang pecah belah sampai mobil mewah. Tentu saja kemajuan yang begitu pesat yang semakin mewujudkan dunia tanpa batas ini sudah tercium oleh masyarakat Indonesia, banyak perusahaan berskala besar, menengah dan kecil yang ikut membangun kekuatan brand di dunia online. Promosi produk secara online memang menjadi pilihan tepat saat ini disamping biaya yang relatif murah juga karena pentingnya sosilaisasi produk untuk skala global. Dimana pun dan kapan pun semua orang di dunia dapat melihat product yang kita jual dan memesannya.
Bisa dikatakan dalam dekade terakhir perkembangan bisnis online di Indonesia sangat pesat, perkembangannya meliputi berbagai macam bidang usaha, tidak hanya yang disebutkan diatas tetapi juga bidang usaha lainnya. Di Indonesia sendiri banyak sekali situs yang sudah mulai go Internasional dan mempunyai jutaan member dan ribuan visitor setiap harinya. berbagai situs tersebut ada yang murni Online business ada yang semi online atau bisnis offline hanya saja menggunakan pemasaran online. Dengan kata lain Bisnis online di Indonesia sudah dikenal dan diperhitungkan di dunia Internasional. selain itu juga jumlah pemakai internet Indonesia yang besar menjadikan Indonesia Sebagai Pasar yang potensial untuk Bisnis online dari berbagai negara di seluruh dunia. bukti dominasi Indonesia juga ditunjukkan dengan banyaknya pengguna Indonesia dalam berbagai situs jejaring sosial seperti www.facebook.com , www.friensdster.com dan www.twitter.com. Hal inilah yang menjadikan nilai tambah Negara Indonesia dipandang dari segi Bisnis Online terutama perkembangan pesat yang terjadi 10 tahun terakhir 2000 s/d 2010.
Di Indonesia sendiri pada tahun 2010 ini telah di launching situs komunitas bisnis online yang bagus yang beralamat di www.frigz.com . walaupun komunitas ini terbilang masih baru tetapi saya melihat keseriusan pengelola frigz untuk memajukan bisnis online di Indonesia dengan cara menjadi wadah bagi para Online Marketer atau para pebisnis Online. Frigz sebagai Komunitas Bisnis Indonesia Online diharapkan akan menjadi Komunitas bisnis online terbesar di Indonesia yang akan mewadahi komunitas bisnis online yang selama ini belum terwadahi. semoga juga Frigz dapat mewujudkan mottonya menjadi Komunitas Bisnis Indonesia Online
Tetapi seiring dengan perkembangan tersebut ada masalah lain yang timbul akibat transaksi jarak jauh seperti ini. Seperti penipuan mengenai product yang tidak sesuai dengan kenyataan, ketika di foto dengan barang yang di terima konsumen tidak sesuai. Lalu ada lagi penipuan ketika konsumen sudah mentransfer sejumlah uang kepada penjual, tetapi sang penjual malah hilang dan tidak mengrimkan barang yang telah menjadi hak konsumen setelah membayar kewajibannya. Mnurut saya pribadi begitu banyak kendala dan juga masalah yang timbul dari transaksi melalui Jejaring Social atau pun media internet, tetapi kembali lagi kepada kita sebagai konsumen harus lebih hati – hati sebelum memutuskan membeli, kita harus melihat apakah penjual di bisnis online ini profesional atau hanya ajang penipuan, lihat dari comment – comment dari konsumen lainnya dan juga seberapa aktif penjual itu update di media socialnya. Sistem ini memang memudahkan Pnejual dan Pembeli, tetapi saking mudahnya kita pun lebih berhati – hati.
Sumber: http://yunikogfa.blogspot.com/2014/05/perkembangan-bisnis-online-shop.html
No comments:
Post a Comment